Review Browser 2012


Assalammualikum Wr.Wb


Baru sadar kalau blog ini sudah lama saya tidak update, mungkin karena beberapa kesibukan belakangan ini dan juga lagi malas buat menulis sesuatu.

Oke pada posting kali ini, saya ingin membahas sedikit mengenai review beberapa browser kenamaan yang sering kita gunakan untuk melakukan aktivitas browsing. Teman - teman sekalian mungkin sudah sangat akrab dengan beberapa browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, IE, Safari, maupun Flock. Selain karena manfaat dan performa yang disajikan semakin hari semakin baik, dukungan dari pihak ke -3 berupa extension maupun add-ons tambahan pada masing - masing browser membuat sebuah browser menjadi lebih powerfull. Perlu pula diperhatikan dalam pemilihan sebuah browser adalah penggunaan memory ketika browser dijalankan beserta extensi dan add ons tambahan. Kadang kita tidak memperhatikan kalau semakin banyak tambahan ( extension & add ons ), maka kinerja browser itu sendiri akan menjadi terbebani. Untuk itu pemilihan extensi maupun add ons tambahan harus sesuai kebutuhan saja.

Pada tahun 2012, perkembangan browser semakin banyak saja. Banyak browser baru yang mulai dilirik oleh user untuk dijadikan sebagai browser cadangan. Sebut saja Maxthon, Avant, Sea Monkey, Rockmelt, dan masih banyak lagi. Namun bagaimana penilaian terhadap masing- masing browser...??? Apakah user sudah mulai beralih ke browser baru atau tetap setia terhadap browser lama...??? Berdasarkan TopTenREVIEWS  Google Chrome menempati urutan pertama, diatas Firefox, IE, Opera, dan Safari. Kemudian urutuan 6 sampai 10 ditempati oleh Maxthon, RockMelt, SeaMonkey, Deepnet Explorer, dan juga Avant. Kriteria Penilaian dilakukan berdasarkan beberapa aspek mulai dari :

  1. Feature set
  2. Security
  3. Speed & Compability
  4. Ease Of Use
  5. Help & Support
Untuk lebih jelasnnya teman - teman bisa melihat gambar dibawah ini.


Chrome tampaknya masih menjadi browser andalan. Terlihat pada ratings yang diberikan, chrome unggul dalam beberapa penilaian. Firefox tampaknya harus sedikit mengakui keunggulan ini dan tetap bertengger diurutan ke-2.Sedikit mengejutkan jika perkembangan IE bisa mengalahkan Opera dan Safari. Belum lagi perkembangan IE versi 10 yang katanya hadir untuk OS terbaru Microsoft yakni Windows 8, yang diklaim sebagai browser tercepat nantinya. Tapi jangan khawatir bagi pengguna windows 7, karena IE versi 10 akan dirilis pada pertengahan november dalam versi preview. 




Untuk statistik lebih jelasnya teman - teman  bisa lihat pada gambar diatas ini.

Berikut sedikit tips dari saya dalam pemilihan dan penggunaan browser yang baik dan tepat :
  1. Gunakan Browser yang tidak memberatkan memory atau kinerja PC/Laptop.
  2. Carilah browser yang memiliki komunitas yang besar, sehingga jika terjadi problem dapat dengan mudah untuk diatasi
  3. Penambahan Extension maupun add ons sesuai kebutuhan.
  4. Tidak lupa melakukan cleaner setelah melakukan browsing.

Mungkin ini sedikit review dan tips dari saya, tentang bagaimana yang terbaik itu semua pilihan masing - masing. Semoga Membantu dan bermanfaat.

Wassalamualikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment