Teh tawar dan khasiatnya


Assalammualaikum Wr.Wb

Cerita ini sebenarnya bermula dari pertanyaan dan keheranan teman - teman saya kalau lagi makan atau ngumpul bareng. Disaat teman - teman pada pesan makan enak dilanjutkan lagi dengan minuman yang menyegarkan ( es, jus, atau softdrink ) ane justru lebih memilih memesan segelas teh tanpa gula ( tawar ). Terkadang saya juga  memesan teh dengan gula tapi dengan takaran yang sedikit. Mang enak ya tawar...??? langsung aja saya jawab, enak - enak aja soalnya dah kebiasaan sih dari dulu minum yang beginian rasanya. Sebenarnya saya juga ngikut kebiasaan orang tua ( almh ibu ) yang selalu minum teh tawar, katanya sih secara tidak langsung juga dapat mengurangi gula yang masuk dalam tubuh, maklum beliau penderita diabetes. Mungkin secara langsung saya belum merasakan dampak yang ditimbulkan dari rutinitas menkonsumsi teh tawar, tapi kata orang apalagi orang tua teh tawar itu katanya banyak manfaatnya. Teh tawar mempunyai manfaat antara lain :

  • Dapat menurunkan berat badan
Teh tidak mengandung kalori, kecuali jika ditambahkan pemanis atau susu. Mengkonsumsi 250 kalori lebih rendah per harinya akan dapat menurunkan berat badan sebanyak kurang lebih 1/2 kg per minggunya.
( sedikit terbukti, tapi tidak signifikan dalam penurunan. Perlu ditunjang dengan olahraga yang rutin dan cukup jika ingin menurunkan berat badan ).

  • Teh melindungi tubuh dari kanker
Teh mengandung polyphenol, antioksidan yang ditemukan dalam teh, yang dapat melindungi tubuh dari kanker.

  • Mengoptimalkan metabolisme gula
Mangan (Mn), yang terkandung dalam Teh bisa membantu penguraian gula menjadi energi. Dengan demikian Teh bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah.
( jika kadar gula dalam darah kita tinggi, terus ditambah dengan kebiasaan mengkonsumsi minuman yang manis maka kadar gula akan semakin meningkat, itulah sebabnya teh tawar bisa menjadi alternatif dalam meminimalisir hal tersebut karena kandungan yang ada didalamnya ).
  • Menyegarkan Tubuh
Teh mengandung sejenis kafein yang berbeda dengan kopi, maka Teh juga dapat merangsang sistem syaraf tubuh kita sehingga pengambilanoksigen kedalam tubuh lebih lancar.

  • Teh memberikan senyum yang indah
Bukan teh yang menyebabkan kerusakan gigi, namun gula yang dicampurkan di dalamnya yang mempunyai efek buruk pada gigi. Teh sendiri mengandung flouride yang menjauhkan plak dari gigi. Jadi, tambahkanlah teh tawar pada rutinitas Anda dalam menjaga gigi dan gusi.

2 komentar:

Unknown said...

tanks gan atas informasinya

hamdan el sholih said...

Ternyata selain mempunyai manfaat, teh juga berdampak tidak baik bagi tubuh jika diminum bukan pada saatnya. simak uraian kami DISINI

Post a Comment