Manfaat Defrag Pada Windows

Asslamualaikum...
hehehehe dah lama ndak update nih, baru sekarang bisa posting lagi kebanyakan jalan - jalannya...
OK kali ini saya mau membahas mengenai apa itu defrag dan fungsinya. Judul yang mungkin sepele dan biasa kita dengar tapi untuk dilakukan mungkin masih jarang bahkan tidak pernah. Defrag sebenarnya adalah sebuah proses yang dimiliki oleh sistem operasi windows untuk melakukan pengaturan tata letak data maupun program yang tersimpan dalam media penyimpanan data (hardisk). Gampangnya begini saat kita membuka ataupun mengakses sebuah file pada partisi harddisk maka tanpa ada perintah, windows akan bekerja untuk mengambil ruang dalam penempatan space.

Setiap menggunakan program pada komputer maupun pengaksesan file, prosesor akan menampilkan data secara acak, dan penempatan pada media storage pun dilakukan secara acak. maka disinilah fungsi defrag berjalan  agar data-data yang tidak teratur yang tersimpan dalam storage menjadi teratur. Efeknya adalah kecepatan dalam mencari data lebih efisien karena tidak berpencar lagi.

Defrag bisa dilakukan dengan 2 car a yang pertama bisa menggunakan defrag bawaan windows atau yang kedua menggunakan utilities tambahan seperti  Auslogics Disk Defrag, Ultra Defragmenter, Ultimate defrag dan masih banyak lagi. Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk DefragmenterSaat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini. Untuk cara ini dianjurkan tidak terlalu sering,mengapa….? Defrag adalah proses pengaturan file pada hardisk. Untuk mengaturnya agar berada pada posisi track yang berdekatan maka dilakukan gesekan untuk memindahkan. Defrag yang terlalu sering akan menyebabkan kondisi piringan hardisk cepat rusak karena seringanya proses pengikisan. Dibawah ini adalah tampilan sederhana ketika melakukan defrag mengunakan program bawaan dari windows :


Selamat Mencoba hardidisk hasil defragkan anda :)

0 komentar:

Post a Comment