Settings Konektor RJ45

 Assalamualaikum Wr.Wb

Lagi gemar-gemarnya nulis nih, masuk postingan berikutnya ane mau memberikan tips sederhana gimana caranya melakukan konfigurasi kabel UTP menggunakan konektor RJ45.  kabel UTP tidak akan berfungsi jika tidak dipasangkan dengan sebuah konektor. Untuk membuat kabel UTP agar dapat saling terhubung dalam sebuah jaringan, pemasangannya tidaklah sembrangan. Ada aturan yang telah dibuat untuk susunan pemasangan kabel UTP.

Gambar Isi kabel UTP

Jika plastik atau isolator yang melindungi kabel UTP kita kupas maka kita dapat menemukan 8 atau 4 pasang kabel kecil yang saling terpilin. Masing - masing kabel memiliki warna tertentu yang membedakannya satu sama lain. Maksud dari warna kabel ini tidak hanya untuk membedakan warna tapi memudahkan dalam melakukan konfigurasi kabel. Teknik pemasangan kabel UTP sendiri terbagi menjadi 2 jenis yakni T586A dan T586B. Nah disini akan dibahas jenis teknik pemasangan kabel UTP.
Gambar T586A dan T586B
T586A adalah teknik pemasangan kabel UTP dimana susunan kabelnya urutan dimulai dari sebelah kanan konektor RJ45 putih hijau, hijau, putih orange, biru, putih biru, orange, putih cokelat, cokelat. Sedangkan T586B susunan kabel dimulai dengan urutan dari sebelah kanan konektor RJ45 putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih cokelat, cokelat. Lalu apa beda keduanya...???

Kalau kita ingin terkoneksi ke sebuah hub, switch, ataupun router teknik yang kita gunakan cukuplah satu saja. Jika telah menggunakan teknik T586A pada komputer atau laptop ujung konektor satunya yang akan dihubungkan dengan hub haruslah teknik yang sama pula begitu juga sebaliknya. Jika kita menggunakan teknik T586B maka kita harus menggunakan teknik T586B pula pada ujung satunya. Dengan menggunakan teknik ini kita akan menghasilkan jenis kabel Straight

Bagaimana jika kita mempunyai sebuah jaringan dengan jumlah host misal 12 namun kita hanya memiliki hub dengan jumlah port 8...??? Hal ini bisa kita akali secara logika dengan menambahkan sebuah hub lagi yang mungkin berjumlah 5 port (ingat sesuai dengan kebutuhan) untuk menghubungkan semua host yang ada. Namun untuk menghubungkan hub dengan hub menggunakan kabel UTP, pemasangan kabelnya tidaklah sama. Artinya jika diujung kabel UTP pertama menggunakan teknik T586A maka ujung satunya harus berbeda yaitu dengan menggunakan teknik T586B. Teknik ini akan menghasilkan jenis kabel crossover. Teknik ini bisa juga digunakan untuk jaringan peer to peer yang hanya melibatkan 2 buah komputer saja.

Gambar Jenis Kabel Cross dan Straight

Sekian Info dari ane gimana caranya melakukan konfigurasi kabel UTP dengan konektor RJ45 agar dapat menghubungkan semua host dalam sebuah jaringan ataupu hub dengan hub semoga membantu dan selamat mencoba.







0 komentar:

Post a Comment