Jaringan LAN Sederhana

Untuk mengawali postingan pertama, ane mau ngeshare tutor tentang membangun sebuah  jaringan LAN yang sederhana. LAN ( Local Area Network  )merupakan sebuah jaringan yang diklasifikasikan dan dibangun berdasarkan area atau skala. Jaringan yang diklasifikasikan berdasarkan skala dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu :
  • Local Area Network ( LAN)
  • Metropolitan Area Network ( MAN )
  • Wide Area Network ( WAN )
  • Internet
LAN adalah jaringan lokal yang dibuat pada area tertutup misalkan dalam satu gedung atau dalam satu ruangan. LAN bisa digunakan untuk jaringan kecil yang menggunakan resource bersama – sama, seperti penggunaan printer maupun media penyimpanan secara bersama.
Nah itu sedikit pengantar tentang LAN dan kawan – kawannya, selanjutnya tanpa perlu basa basi apa saja sih yang diperlukan buat membangun sebuah jaringan LAN sederhana. Alat – alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut terkecuali komputer:

  • Hub
Hub merupakan sebuah alat yang dapat menggandakan frame data yang berasal dari salah satu komputer ke semua port yang ada pada hub tersebut, sehingga semua port yang terhubung dengan port hub akan menerima data juga. Hub digunakan pada jaringan dengan topologi star. Intinya hub digunakan sebagai perantara yang akan menghubungkan semua komputer yang ada dalam sebuah jaringan. Hub juga dapat dibagi berdasarkan jumlah port yang ada misal 5 port, 8 port, 16 port. Ya tinggal disesuaikan aja dengan kebutuhan komputer yang ada.


Gambar Topologi Star
 
Gambar Hub 8 port

  2.   
  • Kartu Jaringan
Alat ini biasanya sudah terpasang secara onboard pada mobo ( motherboard). Namun biasanya masih ada jenis – jenis mobo yang belum menyertakan kartu jaringan didalamnya. Untuk itu kita memerlukan tambahan alat ini dengan tipe slot PCI.

Gambar kartu jaringan

  •   Kabel UTP
Kabel UTP merupakan jenis kabel yang paling banyak digunakan untuk mebangun jaringan LAN karena selain harganya murah dan barangnya simple kabel ini mempunyai kinerja yang cukup baik.Kabel ini dibuat dengan menggunakan bahan tembaga.Didalam kabel ini terdapat 8 position modular connectors yang nantinya akan dipasangkan pada RJ45 sesuai urutannya. Connectors ini mempunyai warna yang berbeda beda yakni putih orange, orange, putih hijau, hijau, putih coklat, coklat, putih biru, biru.



Gambar Kabel UTP
  •  Konektor RJ45
Ini barang walupun kecil dan harganya lumayan murah ( 500 perak ato 1000an ane lupa), tapi punya fungsi yang begitu besar. Dengan menggunakan connector ini kita dapat mengubungkan PC kita dengan yang lain dengan menancapkan connector ini pada kartu jaringan ( Ethernet card ) ntar akan dibahas pada point 4. Namun agar saling terhubung antara satu dengan yang lain, pemasangan modular connector dari keabel UTP harus sesuai dengan aturan. Teknik penggabungan kabel dengan menggunakan connector RJ45 ada 2 yaitu T586A dan T586B. Jika ingin menghubungkan antara PC dalam sebuah jaringan maka teknik yang digunakan cukup satu saja. Misal menggunakan teknik A maka pada connector yang ditancapkan di PC maupun di Hub atau switch harus menggunakan teknik A pula. Jika menggunakan kedua teknik antara T586A dan T586B maka yang akan hasilnya adalah sebuah kabel crossover. Kabel ini digunakan untuk mengubungkan antara hub dengan hub yang lain.

Gambar Konektor RJ45
 Crimp tool
Alat ini digunakan untuk mengkonfigurasi RJ45 dengan kabel UTP

Gambar Crimp Tool

  •  LAN tester
Alat ini sebenarnya hukumnya ndak wajib ada. Namun untuk memastikan sebuah kabel terpasang dengan benar alat ini sangat diperlukan. Selain itu efisiensi waktu juga akan sangt terasa jika menggunakan alat ini. Mengapa demikian…??? Hal ini dikarenakan dengan menggunakan Tester kita tidak perlu bolak balik untuk mencabut kabel di hub jika ternyata ada salah satu jaringan yang belum terhubung.
Gambar LAN Tester

Demikan Tutorial sederhana dari ane ini berdasar pengalaman ane yang udah pernah cobain membuat sebuah jaringan LAN sederhana dengan alat – alat yang disebutkan diatas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba : )

1 komentar:

Unknown said...

8-}
blognya bagus sob ! kunbal ya
zuperdila.blospot.com

Post a Comment